Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Berita UtamaKota MataramTerbaru

Karang Taruna Srivijaya Gelar Penyuluhan Penyelenggaraan Jenazah

176
×

Karang Taruna Srivijaya Gelar Penyuluhan Penyelenggaraan Jenazah

Sebarkan artikel ini

MATARAM, RELASIPUBLIK – Merawat jenazah merupakan fardhu kifayah bagi umat muslim. Dengan hukum ini, sekiranya ada orang muslim meninggal dan sudah ada yang merawat jenazahnya, maka gugurlah kewajiban umat muslim yang lain.

Umumnya, merawat jenazah hanya dilakukan oleh orang-orang yang sudah terbiasa. Ada banyak faktor yang mempengaruhi orang-orang untuk tidak terlibat mengurus jenazah, di antaranya karena kurang tahu caranya, takut atau memiliki trauma terhadap fenomena kematian.

Example 300x600

Melihat hal ini Karang Taruna Srivijaya Kecamatan mengadakan kegiatan Pelatihan Pengurusan Jenazah, Senin, (7/11/2022).

Ketua Karang Taruna Srivijaya dan  sebagai penanggung jawab ormas, Meirwandi Fikri mengatakan,“Perlunya regenerasi dan pelatihan tata cara mengurus jenazah merupakan kebutuhan pokok yang harus dilakukan oleh setiap manusia terutama pemuda sebagai generasi penerus.” cetusnya

Hal senada sampaikan Camat Mataram, Budi Wartoyo, S.STP, “Sekarang ini ilmu mengurus jenazah menjadi salah satu hal yang sering terabaikan. Padahal ilmu tersebut sangat penting untuk diketahui oleh seorang muslim tatkala ada yang meninggal dunia.

Pengurusan jenazah tidaklah sederhana, melainkan cukup kompleks yang meliputi proses memandikan, mengkafani, menshalati, mengantarkan hingga menguburkannya,“ ucap Camat menjelaskan.

Menurutnya, pelatihan tersebut sangat penting karena di masa sekarang ini banyak masyarakat yang tidak mengetahui bagaimana cara mengurusi jenazah orang yang sudah meninggal.

Dia berharap  kepada remaja dan ibu-ibu yang mengikuti pelatihan, agar ilmu yang didapat bisa dipraktikan dilingkungannya masing-masing. (Ramli)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *